ARUS PROGO RAFTING

Blog

INDEX BLOG
PROFIL PENULIS
arus progo admin

arus progo admin

layanan arung jeram yang beralamat di banjararum kaliabawang Kulon progo

Tampilkan Profil Lengkap →

MY LINK
FOLLOW BLOG

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Arung Jeram Progo, Wisata Baru Kulon Progo dan Yogyakarta

Arung jeram sungai Prarung jeram progoogo, merupakan destinasi wisata arung jeram yang menjadi tujuan favorit bagi wisatawan maupun penggiat arung jeram di Indonesia. Sungai Progo mempunyai karakter aliran serta bentukan jeram yang khas dan tentunya menjadi sebuah kenikmatan tersendiri untuk di arungi. Arung jeram sungai progo yang terletak di kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta lebih dikenal dengan sebutan Arung jeram Progo Bawah. Yang mana terbagi menjadi 3 rute dari Klangon hingga jembatan Dekso.

Secara umum arung jeram progo bawah mempunyai panjang rute 25 km, dengan waktu tempuh hingga 5 jam, dan mempunyai level V ( AWA Scale ) atau level tertinggi se-Jawa dan Bali. Namun dengan seiring banyaknya minat wisatawan yang ingin arung jeram di sungai progo bawah, maka di bukalah rute baru guna melengkapi destinasi wisata arung jeram di Yogyakarta khususnya Kulon Progo. 3 Rute tersebut antara lain :

Arung Jeram Progo Bawah Regular Trip ( 9 km )

Arung Jeram Progo Bawah Medium Trip ( 12 km )

Arung Jeram Progo Bawah Long Trip/ Adventure Trip ( 25 km )

Rute Regular dan Medium merupakan rute baru arung jeram progo bawah, mengingat level tertinngi seJawa Bali berada di 7 km pertama dari Adventure Trip, dengan tujuan supaya wisatawan yang masih pemula ingin sekedar arung jeram progo bawah maka dibukalah rute baru tersebut. Sehingga bagi anda yang masih pemula dapat memilih paket Regular dan Medium untuk arung jeram disungai Progo Bawah.

Rute baru dalam destinasi arung jeram di Kulon Progo, Yogyakarta tentunya menambah tujuan wisatawan untuk lebih berlama-lama singgah di Yogyakarta dan sekitarnya.

Apabila anda ingin arung jeram di sungai Progo silahkan hubungi kontak kami yang telah tersedia, kami merupakan operator bidang jasa arung jeram di sungai progo akan memberikan pelayanan wisata arung jeram kepada anda yang aman, nyaman dan menyenangkan.

sumber : jogjanews

Arung Jeram Magelang ( Rafting ) di Magelang

Arung Jeram MagelangArung Jeram Magelang atau Rafting Magelang merupakan destinasi wisata arung jeram yang berada di kabupaten Magelang. Wahana wisata yang tengah booming beberapa tahun terakhir, namun apakah ada yang mengetahui bahwa arung jeram Magelang telah dikomersilkan sejak tahun 1997. Mempunyai Lokasi yang sangat strategis dan dekat dengan beberapa wisata Internasional membuat arung jeram Magelang menjadi magnet besar dalam dunia Pariwisata di Magelang.

Arung Jeram Magelang mempunyai beberapa titik lokasi arung jeram, yakni Arung Jeram Sungai Elo, Arung Jeram Progo Hulu dan Arung Jeram Progo Atas. Lokasi dekat dengan candi Borobudur ( dapat ditempuh dengan kendaraan selama 5 menit ) dan berada dikawasan wisata candi Mendut.

Arung Jeram Magelang meliputi :

1. Arung jeram Sungai Elo

Arung jeram sungai elo terletak di kabupaten Magelang, start point berada di desa Pare, blondo, Mungkid, Magelang dan finish point berada di desa Mendut, Mungkid, Magelang. Arung jeram sungai elo merupakan destinasi arung jeram kategori pemula, bagi wisatawan yang belum pernah sama sekali arung jeram, sungai elo adalah tempat yang cocok untuk sekedar arung jeram. Silahkan baca selengkapnya tentang Arung Jeram Sungai Elo dengan melihat link yang terlampir.

2. Arung Jeram Progo Atas

Arung jeram sungai Progo Atas merupakan destinasi arung jeram yang menjadi salah satu bagia dari arung jeram sungai Progo, arung jeram progo Atas terletak didesa Tuksongo, Cacaban, Magelang dan Finish point di Tempuran, magelang. Mempunyai jarak 9 km dan durasi hingga 2 jam. Arung Jeram Progo Atas lebih cocok bagi anda yang pemula namun lebih suka akan tantangan. Silahkan baca slengkapnya tentang Arung Jeram Progo Atas dengan melihat di link yang terlampir.

Berdasar seringkas deskripsi tentang arung jeram magelang beserta lokasi yang menjadi wisata arung jeram, setidaknya dapat membantu anda sebelum anda memastikan lokasi mana yang akan anda kunjungi saat wisata akhir pekan. Arung jeram Magelang atau rafting Magelang akan menjadi sebuah destinasi yang menarik bagi anda kategori pemula atau belum pernah arung jeram sama sakali. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang arung jeram Magelang, silahkan menghubungi kontak kami yang terlampir, atau silahkan buka website kami di Wisata Arung jeram Magelang.  Bagi anda Agent silahkan hubungi kami untuk mengetahui tentang wisata arung jeram Magelang serta dapatkan harga spesial dari kami.

Wisata Ramadhan Yogyakarta Bersama Lare Progo

DSC00817Wisata Ramadhan Yogyakarta, Bulan Ramadhan tahun 2014 akan segera tiba dan menjadi bulan yang penuh berkah, puasa bukan menjadi penghalang setiap insan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, begitu pula dalam hal wisata, tak berkurang minat para wisatawan untuk berkunjung ke wahana wisata arung jeram dan wisata lainnya.

Wisata Ramadhan Yogyakarta bersama Lare Progo tahun 2014 kami tawarkan kepada anda. Bukan hanya sekedar arung jeram semata yang akan kami tawarkan namun cenderung ke gathering atau acara menjelang buka puasa, lebih populer dengan sebutan buka bersama. Kami mengemas sebuah acara yang bertajuk Wisata Ramadhan Yogyakarta karena kami memberikan opsi pilihan Wisata Ramadhan di sekitar area Wisata Yogyakarta khususnya area Kulon Progo, terdapat beberapa  lokasi wisata yang menjadi partner kami dalam edisi ini. Adapun lokasi wisata yang kami tawarkan kepada anda bukanlah wisata yang sudah Populer atau booming namun cenderung ke area wisata yang masih alami dan menuju proses pengembangan. Berikut data wisata untuk paket wisata ramadhan 2014.

Wisata Alam Puncak Suroloyo ( Puncak Pegunungan Menoreh )

Gubug Dhahar Sendang Kreo ( Traditional Modern Resto di The Pikaro )

Desa Wisata Ngrenehan ( Desa Wisata Kebun Teh pegunungan Menoreh )

Dari 3 Lokasi tersebut diatas kami menawarkan kepada anda yang ingin berwisata ramadhan menjelang buka puasa bersama rekan anda, keluarga hingga instansi Pemerintah. Adapun Run Down Acara dapat anda lihat disini.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda hubungi kontak number kami 081802756939 ( XL ) , 085743465243 ( M3 ) Pin 271A4A3D.

Arung Jeram Progo Atas

Anda ingin Arung Jeram Progo Atas atau Rafting Progo Atas ? Sungai Progo Atas merupakan destinasi wisata arung jeram yang terletak di kabupaten Magelang. Sehingga masyarakat umum lebih mengenal dengan sebutan arung jeram Magelang. Arung jeram Progo Atas akan memberikan suguhan wisata arung jeram bagi wisatawan yang lebih menantang, mempunyai kategori Pemula, namun memiliki grade level III+ yang notabene lebih daripada arung jeram sungai elo. Antara sungai Elo dan sungai Progo Atas memounyai kelebihan masing-masing dan saling melengkapi antara tiap destinasi wisata arung jeram di Magelang.

Arung Jeram Progo Atas mempunyai panjang 9 km dengan durasi waktu 2 jam, mempunyai jeram-jeram yang menantang untuk anda lewati terutama jeram ” S ” dan Rodeo yang menjadi icon jeram sungai Progo Atas.

Sungai Progo Atas mempunyai hulu sungai di Temanggung tepatnya lereng gunung Sumbing, menjadi salah satu anak sungai Progo. Sungai Progo atas tidak dapat diarungi sepanjang tahun sehingga tiap tahunnya dipastikan off saat musim kemarau.

Arung jeram Progo Atas mempunyai Start Point di Cacaban Magelang dan Finish Point di Tempuran Magelang. Sepanjang perjalanan anda akan dijumpai dengan batu-batu besar ciri khas sungai besar dari gunung api.

Tidak di Pengaruhi Lahar Dingin Merapi

Sungai Progo Atas tidak dipengaruhi oleh aktivitas lahar dingin gunung Merapi, di karenakan sungai progo atas mempunyai hulu di gunung Sumbing yang notabene status gunung Sumbing adalah diam/ tidak beraktivitas layaknya gunung Merapi.

Bagi para wisatawan yang ingin arung jeram di sungai Progo Atas, alangkah baiknya mereferensi gambaran tentang sungai dan memiliki tips-tips sebelum melaksanakan arung jeram. Jadikan agenda petualangan yang luar biasa si arung jeram Progo Atas bagi anda yang masih pemula.

Bagi Agent / Tour Travel dapatkan harga special dari kami untuk wisata arung jeram Progo Atas bersama kami. Silahkan menghubungi kontak kami untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang arung jeram Progo Atas.

Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Arung jeram sungai Elo atau Rafting sungai elo Magelang merupakan destinasi wisata arung jeram bagi pemula atau yang masih newbie dalam wisata arung jeram. Sungai elo mempunyai hulu di gunung Merbabu dan hilir disungai Progo. Terletak di kabupaten Magelang, dekat dengan candi Mendut dan candi Borobudur. Arung jeram sungai elo mulai dikomersilkan sejak tahun 1997, namun mulai booming dan sangat ramai diminati oleh wisatawan semenjak tahun 2008 hingga saat ini.

Lokasi sungai elo sangatlah strategis, dapat ditempuh dengan waktu 35 menit dari kota Yogyakarta, 15 menit dari kota Magelang dan 5 menit dari candi Borobudur. Sungai Elo mempunyai pemandangan yang masih alami, air dari pegunungan dan banyak dijumpai mata air di kiri kanan sungai sepanjang perjalanan. Dengan jarak 12 km, dan durasi waktu 2,5 jam sungai elo memberikan banyak kesan bagi para pengunjung, terlebih para pemula bahkan anak-anak umur 5 tahun pun dapat arung jeram di sungai elo.

Start Point berada di desa Blondo dan Finish point berada di desa Mendut atau kawasan wisata candi Mendut. Bagi anda yang masih pemula, ingin melakukan wisata namun belum tahu dimana destinasi wisata yang tepat, silahkan mencoba arung jeram di sungai elo. Kategori untuk pemula dan cocok untuk wisata keluarga hingga perusahaan.

Tidak Bisa Berenang ?

Tidak dibutuhkan kemampuan berenang dalam wisata arung jeram sungai elo, para pengunjung akan dibekali peralatan serta ditemani oleh pemandu yang berpengalaman. Para pengunjung akan mengenakan pelampung atau life jaket saat kegiatan berlangsung. Pelampung dalam kegiatan arung jeram mempunyai standar dapat mempunyai daya apung hingga 150 kg. Apakah anda lebih dari 150 kg ?

Sungai elo mempunyai karakteristik sungai yang mempunyai aliran sepanjang tahun sehingga dapat diarungi sepanjang musim, namun disaat musim penghujan grade level sungai elo dapat naik hingga level III + yang mana sebelumnya mempunyai grade level maksimal III. Namun jangan berkecil hati saat musim penghujan apabila ingin arung jeram, justru saat itulah yang paling ditunggu-tunggu bagi para wisatawan yang pernah mencoba arung jeram disungai elo dan tempat lainnya. Tentunya sebuah provider/ operator yang berpengalaman yang akan anda percaya saat wisata arung jeram menjadi solusi akan kekhawatiran anda saat arung jeram berlangsung. Arung jeram itu menyenangkan, sehingga akan di sayangkan apabila anda belum mencoba arung jeram. Anda Pemula dan ingin arung jeram ? cobalah arung jeram sungai elo.

 

Arung Jeram Progo Bawah with Arus Progo

Exteme dan menantang itulah arung jeram progo bawah, betapa tidak…kita mengarungi sungai dengan level tertinggi se-Jawa-Bali, mengapung-apung diatas perahu boat dengan ukuran 380 dengan kapasitas 5 orang ditemani 2 orang guide tiap perahunya. Melewati jeram-jeram yang tinggi, drop-drop yang selalu siap melempar para penumpang apabila tidak siap dalam kuda-kuda kaki, apabila tidak kompak perahu terbalik pun menjadi hal yang lumrah saat arung jeram sungai progo bawah.

Bagi para penggiat maupun wisatawan arung jeram, sungai progo bawah merupakan sungai yang notabene menjadi tujuan favorit arung jeram. Selalu ada kesan-kesan tersendiri saat melakukan pengarungan, selain medan yang menantang, pemandangan alam sungai progo bawah juga banyak mendapat acungan jempol oleh para pengunjung maupun penggiat. Terdapat banyak air terjun, tebing-tebing di kiri kanan sungai, jembatan belanda, bahkan hingga rafting sunset apabila tepat pada waktunya ( biasanya perpindahan musim penghujan ke musim kemarau ).

Arung jeram sungai Progo Bawah memang mempunyai banyak cerita bagi para penggiat maupun wisatawan nusantara bahkan mancanegara, mempunyai grade level hingga grade V membuat sungai Progo Bawah mempunyai kesan tersendiri. Dari beberapa dekade arung jeram progo bawah menjadi final arung jeram di Jawa dan Bali. Dalam kurun waktu tersebut sungai Progo Bawah mempunyai predikat level tertinggi se-Jawa dan Bali dengan long tripnya. Namun saat ini Arus Progo membuka 3 rute untuk arung jeram progo bawah. Terdapat 3 rute bagi wisatawan yang ingin sekedar mencoba arung jeram dengan predikat tertinggi se-Jawa-Bali dalam grade levelnya. Rute tersebut antara lain Long Trip ( Adventure Trip 25 km ), Medium Trip ( 12 km ), dan Regular Trip ( 9 km ).

Rute tersebut baru saja diresmikan oleh Dinas Pariwisata DIY dalam rangka menambah destinasi wisata arung jeram, dan saling melengkapi arung jeram di Jawa Tengah dan DIY. Bagi anda yang ingin mencoba arung jeram di Progo Bawah dapat menghubungi kami, atau berkunjung ke Base Camp yang berada di tepi sungai Progo Bawah tepatnya Kreo, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta.

Arus Progo merupakan perusahaan biodang jasa arung jeram dan egiatan luar ruangan lainnya, berdiri sejak tahun 2011. Mempunyai SDM yang ramah dan berpengalaman serta peralatan yang berstandar internasional. Bagi anda yang ingin liburan akhir pekan atau berwisata arung jeram di sungai Progo Bawah yang aman, nyaman dan menyenangkan, silahkan hubungi kami di kontak yang tersedia. Salam wisata Indonesia.

Legenda Sungai Progo

 

Sungai Progo adalah sungai terpanjang di Propinsi Yogyakarta . Sungai ini merupakan batas dari tiga kabupaten di DIY yaitu Kabupaten Bantul , Sleman , dan Kulon Progo . Keberadaan sungai ini sangat bermanfaat untuk warga di sekitar sungai . Manfaatnya antara lain sarana MCK , pertambangan pasir , pencarian ikan , irigasi , bahkan pariwisata yaitu Arung Jeram dan Bendungan Air di pintu air Sungai Progo yang terletak di Dlingo , Kulon Progo atau sering disebut ancolnya Yogyakarta .
Selain manfaatnya , ternyata ada legenda di balik Sungai Progo . Mitos – mitos dari keberadaan Sungai Progo pun berbagai macam karena sungai ini melewati beberapa daerah , sehingga sering terjadi perbedaan pendapat . Salah satu mitos , dan sejarah Sungai Progo yaitu di Dusun Bakal Pokok , Sedayu, Bantul yang konon menurut sesepuh desa Sungai Progo berkaitan dengan Pangeran Diponegoro , dan Nyi Rara Kidul .
Pangeran Diponogoro ternyata masih keturunan Kesultanan Yogyakarta . Beliau di lahirkan di Yogyakarta , 11 November 1785 , putra dari Pangeran Adipati Anom ( Sultan Hamengkubuwono III). Pada waktu kecil beliau di juluki Raden Mas Ontowiryo karena sangat akrab dengan rakyat kecil . Selain itu Pangeran Diponegoro sangat benci dengan Belanda yang merendahkan harkat martabat raja-raja , dan rakyat . Pada waktu Sultan Hamengkubuwono V berkuasa , Pangeran Diponegoro merasa kecewa dengan keadaan istana , dan beliau memilih meninggalkan istana . Beliau tinggal di Desa Tegalrejo untuk memusatkan perhatiannya di bidang agama , adat , dan kerohanian . Sementara itu Belanda , dan Patih Danureja memasang patok di atas makam leluhur Pangeran Diponegoro untuk dijadikan rel kereta api . Tanpa sepengetahuan mereka ternyata Pangeran Diponegoro mengintip perbuatan mereka .
“ Hei Patih , aku tak percaya ternyata kau bekerjasama dengan dia si Belanda , cepat cabut kembali patok itu ! . “ Kata Pangeran Diponegoro .
“ Tidak aku akan tetap membantu Belanda membangun rel kereta api disini , karena Belanda lebih bisa memakmurkan rakyat . “ Kata Patih Danureja .
“ Benar aku bisa memakmurkan kamu dan rakyat kamu .” Kata Belanda .
“ Tidak,tidak mulai sekarang aku menyatakan perang dengan mu, cepat pergi dari sini ! “ . Kata Pangeran Diponegoro.
Belanda ,dan Patih Danureja langsung meninggalkan tempat itu ,dan pangeran mencabuti patok –patok itu . Setelah itu Pangeran Diponegoro langsung meninggalkan tempat itu , menuju tempat persembunyianya yang baru bersama para prajuritnya .
Pangeran Diponegoro , dan para prajuritnya akhirnya memilih Dusun Bakal Pokok sebagai tempat persembunyian sementara . Beliau membangun keraton kecil di sana ,dan beliau mengajarkan pendidikan agama Islam kepada masyarakat setempat . Tetapi Belanda mengetahui keberadaan beliau sehingga beliau dengan sigap untuk bergerilya ke Bukit Selarong. Sebelum singgah beliau berpesan kepada satu prajuritnya yang di amanahkan untuk tetap berada di desa itu .
“Wahai prajuritku , aku yakin kau dapat menjaga warga desa ini . Saat aku singgah ke Selarong kuberikan kau keris pustaka ku “ . Kata Pangeran Diponegoro .
“Terimakasih pangeran,pangeran telah memberikan hamba amanah , dan kepercayaan untuk menjaga desa ini .” Kata prajurit itu .
“ Gunakan kerisku dengan baik ,jangan sampai keris ini dipangku oleh seorang wanita karena jika terjadi akan fatal akibatnya .” Kata pangeran .
Setelah berpamitan kepada warga beliau dan beberapa prajuritnya langsung berkelana kuda menuju Selarong .
Prajurit abdi itu lalai akan amanah pangeran . Dia menitipkan keris itu kepada istrinya . Tak disangka saat istrinya memangku keris itu terjadilah keajaiban . Wanita itu langsung hamil , dan tanpa menunggu sembilan bulan sepuluh hari dia ingin melahirkan yang akan di bantu oleh dukun beranak.
“ Aku merasa anak mu tak wajar .” Kata dukun .
“Sakit mbah , sakit mas .” Kata wanita itu sambil berteriak .
“ Astaga anakmu ular , anakmu ular .” Kata dukun terbelanga .
“ Tidak mungkin ………. !, ohiya ini kutukan . Aku lupa akan amanah pangeran untuk menjaga keris itu agar tak sampai kr tangan wanita . Maafkan aku istriki .”Kata prajurit itu .
“ Ibu , ayah aku anak kalian , aku bukan kutukan “. Ujar si ular itu yang bisa berbicara .
“Pergi sana , jangan kembali lagi ! , dasar kutukan “ . Kata prajurit itu .
“Baiklah jika itu keputusan kalian , aku akan membalas perbuatan kalian dengan tirta melimpah .” Ujar si ular .
Si ular berkelana menuju penunggu laut selatan Nyi Rara Kidul untuk meminta pertolongan .
“ Wahai Ratu yang cantik jelita , bantu aku untuk membalas perbuatan kedua orang tuaku yang semena-mena terhadapku .” Ujar si ular .
“ Siapa dirimu nak ?” . Kata Ratu .
“Aku tak punya nama ratu .” Ujar si ular .
“ Aku berinama kau Progo sesuai tekad mu yang besar . Aku akan membantumu melatalah sampai gunung di sana , maka akan datang tirta melimpah . “ Kata Ratu .
“ Terimakasih ratu .” Kata ular .
Ular itu terus melata sampai ke gunung . Tak terduga terjadilah badai dahsyat yang langsung mengguyur desa dimana orangtua ular itu tinggal . Tirta yang sangat melimpah itu menutup beberapa kawasan hingga menjadi sungai yang di beri nama Sungai Progo .Dalam cerita ini kita tidak boleh mencelakai orangtua kita walaupun setragis apapun, dan sebagai orangtua jangan menelantarkan anaknya.

pustaka :catatanrisang.blogspot

Manfaat Wisata Arung Jeram

Kemampuan fisik dan mental dibutuhkan dalam kegiatan wisata Arung Jeram karena adanya tantangan alam. Tentu, tantangan alam dalam Arung Jeram memang menambahkan khas rekreasi selain menguji adrenalin, karena lokasi Arung Jeram biasanya di wilayah hijau dan sejuk. Anda bisa menikmati suasana yang tenang di sela hiruk pikuk ketegangan.

Ketika melintasi jeram, Anda akan berteriak keras, seolah – olah terlepas dari semua masalah. Anda pun akan merasa excited dan stres yang membebani pikiran akan hilang. Bahkan, sekali mengarungi Wisata Arung Jeram, Anda pasti akan ketagihan. Mengapa? Seperti olah raga lain, Arung Jeram bagus dari segi kesehatan.

Berarung jeram dapat meningkatkan kemampuan atau kapasitas jantung dan paru – paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang. Manfaat Arung Jeram, tubuh bisa merasa lebih bugar.

Arung Jeram sebagai Wisata Arung Jeram mulai dikenal di Indonesia pada pertengahan dekade 90 – an. Sebelumnya kegiatan ini lebih banyak dilakukan para pecinta alam. Tak ayal, muncul kesan bahwa Arung Jeram hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan berpengalaman.

Namun pada dasarnya olahraga Arung Jeram bisa dilakukan siapa saja tentu saja dengan persyaratan tertentu yang tentu saja untuk menjaga keselamatan orang itu sendiri selain bantuan dari team rescue dalam kegiatan Arung Jeram.

Pustaka :belantaraindonesia.org

Tips Arung Jeram Bagi Pemula

Arung Jeram kegiatan di air deras yang menyenangkan. Tetapi banyak orang yang malas berkegiatan Arung Jeram atau rafting dengan alasan tidak bisa berenang atau juga tidak merasa mahir berenang. Padahal, tidak bisa berenang bukan masalah, Anda tetap bisa ikut merasakan betapa serunya Arung Jeram. Tetapi, resiko tetaplah ada, apalagi Arung Jeram adalah olahraga yang memicu adrenalin.

Dan bagi pemula dalam kegiatan Arung Jeram atau rafting ini, Anda perlu mengikuti tips Arung Jeram bagi pemula berikut ini.

Kondisi tubuh
Sebaiknya peserta Arung Jeram dalam kondisi berbadan sehat. Tidak masalah jika Anda tidak bisa berenang, namun sebaiknya utarakan kepada pemandu bahwa Anda tidak bisa berenang. Untuk usia peserta, kebijakan setiap operator berbeda – beda karena tergantung kondisi sungai dan tingkat kesulitan pengarungan.

Pakaian
Sebaiknya kenakan celana pendek dan kaus katun yang nyaman. Agar nyaman, kenakan sandal sebagai alas kaki. Sebaiknya gunakan sandal gunung daripada mengenakan sandal jepit.

Perlengkapan
Gunakan helm pelindung dan jaket pelampung ( life jacket ). Pilih jaket sesuai ukuran tubuh Anda. Cari jaket yang pas di badan, tidak kesempitan maupun terlalu longgar. Jaket pelampung tersedia dalam beberapa ukuran dan bisa diatur.

Pilih helm dengan ukuran pas di kepala
Helm tersedia dalam beberapa ukuran. Cara memastikan helm yang pas adalah tali tidak menyeberang dagu, melainkan berada di bawah dagu. Tetapi jangan sampai tali terlalu sempit hingga menyakiti dagu Anda.

Pemanasan
Tak ada salahnya Anda melakukan sedikit pemanasan sebelum melakukan Arung Jeram. Di beberapa operator Arung Jeram, hal ini seringkali jarang dilakukan. Namun tetap saja, Arung Jeram adalah olahraga. Jika pemanasan kurang, bisa – bisa di tengah mengayuh dayung, tangan Anda kram.

Posisi duduk
Duduklah di tepi perahu karet. Jangan di tengah ataupun di dasar perahu karet. Hal ini untuk memudahkan Anda menyeimbangkan tubuh. Ikuti instruksi di mana sebaiknya Anda duduk. Kadang posisi duduk diatur sesuai dengan berat badan peserta.

Anda bisa memilih duduk di sisi kiri atau sisi kanan. Ingatlah posisi duduk Anda karena berhubungan dengan cara mengayuh dayung dan instruksi saat mengayuh. Lalu jepit kaki di bagian dasar perahu. Ada kantung khusus untuk meletakkan kaki agar Anda tak mudah terjengkang.

Dayung
Anda harus memperhatikan dengan benar cara membawa dan menggunakan dayung. Walau tampak hanya sebilah papan, salah – salah Anda bisa melukai diri sendiri maupun orang lain saat mendayung. Jika Anda duduk di sebelah kanan, genggam ujung dayung berbentuk “T” dengan telapak tangan kanan. Sementara tangan sebelah kiri menggenggam tengah – tengah tongkat dayung.

Mengayuh
Sebelum memulai Arung Jeram, instruktur biasanya akan mengajarkan terlebih dahulu berbagai aba – aba. Di antaranya adalah instruksi “Maju” dan “Mundur”. Instruksi “Maju” yaitu dayung dikayuh ke arah dalam untuk membuat perahu maju. Sebaliknya dari arah dalam ke luar akan membuat perahu mundur dan diinstruksikan dengan aba – aba “Mundur”.

Untuk aba – aba mengayuh biasanya ada tambahan intruksi berupa “Kanan” dan “Kiri”. Hal ini untuk menunjuk ke orang yang bertugas mengayuh. Jadi, instruksi yang biasa diucapkan berupa “Kanan Maju, Kiri Mundur” atau “Kanan Mundur, Kiri Maju”. Kedua instruksi ini untuk membantu pemandu dalam membelokkan perahu ke kanan atau ke kiri.

Jadi misalnya “Kanan Maju, Kiri Mundur”, maka orang yang duduk di sebelah kanan segera mengayuh maju dayungnya, sementara orang yang duduk di kiri serentak mengayuh dayung mundur. Sebaliknya, instruksi “Kanan Mundur, Kiri Maju” maka orang yang duduk di kiri mengayuh dayung maju dan orang yang di sebelah kanan mendayung ke arah mundur.

Selain itu, terdapat pula aba – aba “Stop”. Jika Anda mendengar instruksi ini, maka angkat dayung Anda atau berhenti mengayuh dayung. Ada pula instruksi “Pindah Kanan” dan “Pindah Kiri”. Bila terdengar “Pindah Kanan”, maka orang di sebelah kiri segera pindah ke sisi kanan perahu, sementara orang di sebelah kanan tetap di posisinya. Begitu sebaliknya, jika terdengar instruksi “Pindah Kiri”.

Jika Anda mendengar instruksi “Boom”, maka instruksi ini dimaksudkan untuk menghindari jeram. Peserta segera mengangkat dayung dan badan merunduk ke dalam perahu, serta berpegangan pada perahu. Hal ini agar menjaga keseimbangan badan agar tidak terlempar ke sungai.

Saat Terjatuh
Bila Anda terlempar ke sungai, tetaplah tenang dan jangan panik. Namun, cara berenangnya tidak seperti berenang di kolam renang. Arahkan tubuh Anda menghadap ke atas atau bawah tubuh menjadi terlentang, seakan sedang berbaring di atas air.

Lalu arahkan tubuh sesuai arus sungai, jangan melawan arus atau membelakangi arus. Angkat kaki tinggi dan menghadap ke depan atau ke arah hilir sungai. Hal ini agar Anda mengetahui jika ada batu di depan Anda dan bisa menahannya dengan kaki.

Jika Anda terlempar cukup jauh, biasanya pemandu akan melempar tali sepanjang 20 meter. Peserta bisa menyambar tali tersebut dan akan ditarik menuju perahu.

Perahu Terbalik.
Kadang saat arus deras atau memang disengaja, perahu akan terbalik. Di beberapa kejadian, peserta akan berada di dalam perahu yang terbalik. Suasana yang seketika gelap kadang membuat panik. Jika hal ini terjadi, tetaplah tenang.

Walau perahu terbalik, di perahu terdapat celah udara. Cobalah keluar dari balik perahu dengan cara menyelam. Namun sebenarnya di dalam perahu pun tetap aman. Hanya saja sebaiknya berusaha keluar agar tidak terkena batu.

pustaka : belantaraindonesia.org

POST/ ARTICEL
%d blogger menyukai ini: